Logo Bloomberg Technoz

UE Usulkan Sanksi Terbatas Jelang Peringatan 2 Tahun Perang Rusia

News
05 February 2024 19:25

Serangan Rusia ke Kyiv. (dok Bloomberg)
Serangan Rusia ke Kyiv. (dok Bloomberg)

Alberto Nardelli dan Jorge Valero - Bloomberg News

Bloomberg, Uni Eropa (UE) siap untuk mengusulkan sebuah paket sanksi sederhana menjelang peringatan dua tahun invasi Rusia ke Ukraina yang akan jauh lebih ringan daripada beberapa tindakan blok tersebut sebelumnya.

Menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini, paket tersebut, yang akan menjadi yang ke-13 sejak invasi tersebut, akan mencakup proposal untuk mendaftarkan lusinan individu dan entitas serta sejumlah kecil tindakan yang berfokus pada kemampuan Moskow untuk mendapatkan teknologi Barat.

Para duta besar Uni Eropa telah diberitahu tentang rinciannya selama akhir pekan, kata orang-orang tersebut, yang berbicara tanpa menyebut nama. Pembatasan ekonomi baru juga sedang dalam proses, tapi sepertinya tidak akan siap sebelum batas waktu 24 Februari. Langkah-langkah sedang dikoordinasikan dengan sekutu-sekutu Kelompok Tujuh, dengan masing-masing diharapkan untuk merilis paket sanksi mereka sendiri menjelang peringatan tersebut.

Secara terpisah, Uni Eropa juga berharap untuk menyelesaikan dan mengadopsi sebuah rencana untuk memberikan bantuan ekonomi baru kepada Kyiv setelah para pemimpin blok tersebut menyetujui paket bantuan multi-tahunan senilai €50 miliar ($54 miliar) minggu lalu. Bantuan tersebut dengan cepat menjadi penting karena puluhan miliar dolar bantuan AS terus diblokir di Kongres.