Logo Bloomberg Technoz

Setelah diuntungkan oleh kenaikan suku bunga selama setahun terakhir, bank tersebut kini harus menghadapi perlambatan dalam perdagangan, inflasi yang tinggi, dan investasi untuk memperbaiki kontrol yang cacat.

Kinerja kuartal keempat Deutsche Bank menunjukkan tantangan yang dihadapi dalam industri keuangan. Meskipun pendapatan naik sekitar 5% dari tahun sebelumnya, namun kinerja bank tersebut tidak memenuhi perkiraan analis, walaupun pendapatan naik sekitar 1%. Akan tetapi kinerja Deutche Bank lebih baik dibandingkan perusahaan sejenis yang tercatat di Wall Street, yang rata-rata turun 9,7%.

Pendapat dari komisi sebagai penasihat investasi saham dan obligasi serta merger-akusisi naik 56%. Deutsche Bank berupaya memperbaiki kinerja setelah mengambil alihi Numis Corp tahun lalu. Ini merupakan akusisi besar pertama di bawah Sewing.

Pada saat pendapatan bunga bersih yang diperkirakan akan turun tahun ini, karena kebijakan bank sentral yang mempertimbangkan penurunan suku bunga, Deutsche Bank bertumpu pada bisnis pensihat dan perantara investasi untuk meningkatkan pendapatan, bersama dengan unit perdagangan.

Dalam perdagangan saham dan obligasi, "momentum akan berlanjut hingga 2024. Jadi kinerja kami pada Januari kuat," kata Chief Financial Officer James von Moltke dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV.

"Kami juga merasa bahwa kondisi saat ini, setelah dua tahun mengalami kemunduran, seharusnya jauh lebih kondusif bagi aktivitas keuangan perusahaan, pembiayaan, kesepakatan ekuitas, juga kesepakatan merger dan akuisisi."

Biaya yang dikeluarkan lebih rendah dari perkiraan analis setelah Deutsche Bank merealisasikan pengurangan biaya sekitar €900 juta, yang merupakan bagian dari program €2,5 miliar, dalam beberapa tahun terakhir. Bank tersebut sebelumnya mengindikasikan bahwa mereka berencana melakukan PHK guna menghemat €1,6 miliar, meskipun mereka belum memberikan jumlah pastinya hingga Kamis (2/1).

Deutsche Bank mengatakan pihaknya kini menargetkan pendapatan sebesar €32 miliar pada 2025, setelah pendapatan melampaui ekspektasi pada 2 tahun terakhir. Mereka menegaskan kembali rencana untuk memberikan  return sebesar €8 miliar kepada para pemegang saham.

Janji distribusi tersebut merupakan bagian dari upaya Sewing untuk mengangkat saham, setelah memulihkan pertumbuhan pendapatan dan profitabilitas melalui perombakan bank yang radikal.

(bbn)

No more pages