Logo Bloomberg Technoz

Inflasi di Toko-Toko Inggris Turun ke Tingkat Terendah

News
30 January 2024 11:25

Seorang berdiri di depan toko jam tangan Inggris. (Dok: Bloomberg)
Seorang berdiri di depan toko jam tangan Inggris. (Dok: Bloomberg)

Katie Linsell - Bloomberg News

Bloomberg, Inflasi di toko-toko di Inggris turun ke level terendah dalam lebih dari 18 bulan terakhir, sebuah pertanda bahwa krisis biaya hidup mulai mereda.

Konsorsium Ritel Inggris mengatakan pada Selasa, harga-harga toko naik 2,9% dari tahun ke tahun di Januari dibandingkan dengan kenaikan tahunan sebesar 4,3% di Desember. Itu adalah yang terendah sejak Mei 2022 karena peritel menawarkan diskon besar-besaran untuk menarik pembeli.

Data tersebut menggembirakan setelah kejutan dari Kantor Statistik Nasional awal bulan ini yang menunjukkan inflasi Inggris meningkat secara tak terduga untuk pertama kalinya dalam 10 bulan. Para investor telah memperkirakan serangkaian penurunan suku bunga yang cepat mulai pertengahan tahun ini, berdasarkan perkiraan para ekonom bahwa inflasi mungkin akan kembali ke target 2% Bank of England dalam beberapa bulan ke depan. BOE akan membuat keputusan suku bunga berikutnya pada Kamis.

Inflasi makanan menurun selama sembilan bulan berturut-turut, dengan kenaikan harga naik 6,1% di Januari, dibandingkan dengan 6,7% di Desember.