Logo Bloomberg Technoz

Depkeu AS Pangkas Outlook Utang Kuartalan Menjadi US$760 M

News
30 January 2024 05:35

Departemen Keuangan AS./Bloomberg-Stefani Reynolds
Departemen Keuangan AS./Bloomberg-Stefani Reynolds

Liz Capo McCormick - Bloomberg News

Bloomberg, Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) mengurangi perkiraan utang federal untuk kuartal ini, sebuah langkah yang tidak diduga oleh banyak dealer, sehingga membantu memicu reli obligasi dan saham pada awal pekan ini.

Departemen Keuangan mengatakan bahwa pihaknya kini memperkirakan pinjaman bersih sebesar US$760 miliar untuk periode Januari hingga Maret, turun dari prediksi sebelumnya sebesar US$816 miliar yang dirilis pada akhir Oktober. Manajer utang AS mempertahankan perkiraan saldo kas Departemen Keuangan pada akhir bulan Maret sebesar US$750 miliar.

Obligasi Treasury mencapai level tertingginya sehari setelah rilis, dengan imbal hasil acuan 10-tahun turun sekitar 7 basis poin pada Senin (30/1/2024) pukul 15:30 waktu New York, menjadi sekitar 4,07%. S&P 500 mencapai titik tertinggi sesi ini, naik 0,7% hari ini.

“Karena akumulasi utang dan defisit yang sangat besar, pengumuman Departemen Keuangan mengenai rencana pinjaman kini menjadi peristiwa yang menggerakkan pasar," Peter Boockvar, penulis Boock Report, menulis dalam sebuah catatan pada Senin. "Estimasi pinjaman yang baru membuat pasar Treasury menguat dan saham-saham pun mengikuti.”