Logo Bloomberg Technoz

KAI Akan Mulai Tambah Jumlah Operasional Trainset LRT Jabodebek

Mis Fransiska Dewi
22 January 2024 20:20

LRT Jabodebek. (Dok: KAI)
LRT Jabodebek. (Dok: KAI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana menambah jumlah operasional rangkaian kereta atau trainset light rail transit atau LRT Jabodebek. Badan usaha milik negara (BUMN) ini mengklaim akan mulai memaksimalkan 31 trainset kereta ringan yang dimilikinya tersebut hingga akhir 2024.

“Targetnya tahun ini maksimal semua trainset bisa kita jalankan,” kata Agus Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (22/1/2024).

Sejak 2023, LRT Jabodebek menargetkan untuk bisa mengoperasikan 27 rangkaian kereta, sedangkan 4 rangkaian kereta disiapkan sebagai cadangan.

Namun, saat ini LRT Jabodebek  baru mengoperasikan 18 rangkaian kereta per hari. Sebanyak 12 rangkaian kereta lainnya belum dioperasikan dan satu rangkaian kereta lainnya masih dalam proses perbaikan oleh PT INKA di Madiun, Jawa Timur.

Agus mengatakan, penambahan jumlah rangkaian kereta per hari akan dilakukan secara bertahap karena KAI masih menunggu PT INKA menyelesaikan perbaikan satu rangkaian kereta. 

Warga menaiki kereta LRT Jabodebek dihari pertama beroperasi di Jakarta, Senin (28/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)