Logo Bloomberg Technoz

Riset Ekonom: Motor Listrik Bisa Hemat 20% Belanja Rumah Tangga

Rezha Hadyan
09 March 2023 11:40

Motor listrik produksiPT Triangle Motorindo - VIAR Motor. (Dok kemenperin.go.id)
Motor listrik produksiPT Triangle Motorindo - VIAR Motor. (Dok kemenperin.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Penggunaan kendaraan bertenaga listrik ditaksir mampu menekan hingga seperlima biaya transportasi rumah tangga, akibat selisih harga yang cukup signifikan antara listrik dan bahan bakar minyak (BBM).

Kepala Center of Food, Energy, and Sustainable Development Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Abra Talattov menjelaskan, berdasarkan penelitiannya, penggunaan sepeda motor listrik setidaknya bisa menghemat 20% pengeluaran rumah tangga. 

Dengan demikian, masyarakat bisa mengalokasikan selisih tersebut untuk memenuhi kebutuhan dasarnya, seperti untuk pangan, sandang ataupun papan. 

“Penggunaan kendaraan listrik ini dari aspek operasional sehari-hari tidak dibantah lagi. Jauh lebih murah dibandingkan dengan [penggunaan kendaraan berbasis] BBM,” katanya, Kamis (9/3/2023). 

Abra menjelaskan sepeda motor listrik membutuhkan tenaga listrik setidaknya 2 KWh dengan harga sekitar Rp 3.000. Sebaliknya, kendaraan roda dua berbahan bakar konvensional membutuhkan Rp 22.000 dengan asumsi harga per liter Pertalite adalah Rp 11.000.