Logo Bloomberg Technoz

Cek Fakta Impor Pangan Presiden Jokowi yang Disebut Naik

Dovana Hasiana
21 January 2024 21:42

Cek Fakta Debat Cawapres Mahfud MD (Bloomberg Technoz)
Cek Fakta Debat Cawapres Mahfud MD (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Cek fakta tuduhan Calon Wakil Presiden nomor urut 03, Mohammad Mahfud MD yang menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus melakukan impor pangan. Padahal, dia mengklaim akan menghentikan impor pangan saat berdebat dengan Prabowo Subianto dalam debat capres, Juli 2019.

Dalam hal ini, dirinya sekaligus melontarkan pertanyaan kepada Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan anak sulung dari Presiden Jokowi, soal solusi untuk menghentikan impor pangan. 

“Pak Jokowi bilang tidak akan impor, tapi sampai sekarang kita masih impor banyak, masih impor banyak. Malah semakin banyak mafia (dalam) impor mengimpor bahan pangan,” ujar Mahfud dalam debat cawapres ke-4, Minggu (21/1/2024).

Data BPS soal Impor Beras. (Tangkapan layar BPS)

Berdasarkan data Badan Pusat Statistika (BPS), impor beras Indonesia tercatat sebanyak 3,06 juta ton, pada 2023. Ini menjadi yang terbesar dalam 5 tahun terakhir, meroket 613,61% dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan kode HS, impor beras didominasi oleh kelompok semi-milled rice atau wholly-milled rice sebesar 2,7 juta ton (88,18%).