Logo Bloomberg Technoz

Greenflation, Istilah Gibran yang Ditolak Jawab Mahfud MD

Dovana Hasiana
21 January 2024 22:31

Cek Fakta Debat Cawapres Gibran (Bloomberg Technoz)
Cek Fakta Debat Cawapres Gibran (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02, Gibran Rakabuming Raka, kembali mengeluarkan terminologi yang asing didengar dalam debat cawapres ke-4 hari ini, Minggu (21/1/2024). Dalam debat ini, Gibran melontarkan pertanyaan kepada Calon Wakil Presiden Nomor Urut 03 Mahfud MD soal bagaimana cara mengatasi isu Greenflation

Apakah itu isu yang juga disebut inflasi hijau tersebut?

Kata Gibran, inflasi hijau memiliki contoh sederhana yaitu melalui demo rompi kuning di Perancis. 

“Prof Mahfud, yang namanya greenflation itu inflasi hijau. Itu kita kasih contoh yang simpel aja, demo rompi kuning di Perancis. Itu bahaya sekali. Sudah memakan korban. Nah ini harus kita antisipasi, jangan sampai terjadi di Indonesia. Kita belajar dari negara maju, negara maju aja masing ada tantangan-tantangannya,” ujar Gibran dalam debat cawapres ke-4, Minggu (21/1/2024).  

Dilansir melalui situs BNP Paribas, Greenflation atau inflasi hijau paling sering mengacu pada inflasi yang terkait dengan kebijakan publik dan swasta yang diterapkan sebagai bagian dari transisi hijau. Selain itu, inflasi hijau adalah inflasi di mana terjadi kekurangan konsumsi atau kenaikan harga bahan bakar fosil. Inflasi hanya terjadi ketika jumlah uang beredar menjadi masalah.