Logo Bloomberg Technoz

Cek Fakta Proyek Transisi Energi yang Akan Digenjot Gibran

Dovana Hasiana
21 January 2024 21:50

Cek Fakta Debat Cawapres Gibran (Bloomberg Technoz)
Cek Fakta Debat Cawapres Gibran (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Cek Fakta pernyataan calon wakil presiden (cawapres), Gibran Rakabuming Raka yang mengklaim akan mendorong transisi energi sebagai cara peningkatan ekonomi masyarakat. Dia menilai potensi energi baru terbarukan sangat besar yang mencapai 3.686 gigawatt melalui energi surya, angin, air, bio energi, dan panas bumi.

"Pemerataan pembangunan transisi menuju energi hijau," kata Gibran dalam debat cawapres di JCC, Minggu (21/1/2024). "Sebanyak 5 juta di antaranya adalah green jobs. Green Jobs ini adalah peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan."

Apakah transisi energi memang bisa diterapkan pada seluruh wilayah di Indonesia?  Berdasarkan laporan Centre of Economic and Law Studies (Celios) yang bertajuk Indeks Kesiapan Transisi Energi Indonesia, secara menyeluruh hanya wilayah barat Indonesia yang mendominasi kesiapan transisi energi.

Celios setidaknya merangkum beberapa faktor yang dapat memengaruhi kesiapan daerah-daerah di Indonesia dalam melakukan transisi energi. Beberapa faktor tersebut yakni; pengaruh konsumsi per kapita, keterkaitan kerentanan iklim dengan kesiapan transisi energi, dan keterlibatan perempuan dalam transisi energi.

Wilayah Barat Indonesia mendominasi dominasi kesiapan transisi energi. Berdasarkan kesiapan transisi energi secara menyeluruh, DKI Jakarta menempati posisi teratas dengan skor 84,24. 

Ilustrasi transisi energi (Bloomberg Technoz)