Logo Bloomberg Technoz

Cek Fakta Proyek Hilirisasi yang Disebut Minim Dampak Ekonomi

Dovana Hasiana
21 January 2024 21:02

Cek Fakta Debat Cawapres Muhaimin (Bloomberg Technoz)
Cek Fakta Debat Cawapres Muhaimin (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Cek fakta kritik calon wakil presiden nomor urut 01, Muhaimin Iskandar menyoroti soal hilirisasi maupun tambang yang tidak berdampak signifikan kepada kesejahteraan masyarakat sekitar. Rekan Anies Baswedan tersebut mencontohkan, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah mencapai 13%, namun masyarakat setempat tetap miskin dan tidak bisa menikmati pertumbuhan dan hilirisasi tersebut. 

“Perkembangan hilirisasi maupun tambang tidak signifikan dengan kesejahteraan masyarakat sekitar. Sulawesi Tengah pertumbuhan ekonominya sampai sekarang bisa 13%, tinggi sekali. Tetapi rakyatnya tetap miskin dan tidak bisa menikmati, hilirisasi apa yang kita lakukan sementara ilegal masih terus berlangsung,” ujar Muhaimin dalam debat cawapres ke-4, Minggu (21/1/2024).

Sebelumnya, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat data realisasi investasi Triwulan III (Juli – September) Tahun 2023 mencapai Rp374,4 triliun atau meningkat sebesar 7% dibanding dengan periode sebelumnya dan sebesar 21,6% dibanding periode yang sama tahun 2022. 

Secara kumulatif, data realisasi investasi sepanjang periode Januari – September Tahun 2023 mencapai Rp1.053,1 triliun atau meningkat sebesar 18% dibanding dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Nilai tersebut sudah mencapai 75,2% dari target tahun 2023 sebesar Rp1.400 triliun.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat capaian realisasi investasi Triwulan III (Juli-September) Tahun 2023. (YoutubeBKPM)

Investasi hilirisasi periode Januari-September 2023 mencapai Rp266 triliun, ini mencakup 25,3% dari total realisasi investasi periode ini. Tak hanya nikel, program hilirisasi juga ada di sektor kehutanan, perikanan, perkebunan, dan migas.