Logo Bloomberg Technoz

The Fed Berhati-Hati Pangkas Bunga, Hanya Jika Inflasi Tak Naik

News
17 January 2024 07:50

Anggota Dewan Gubernur Federala Reserve Christopher Waller (Al Drago/Bloomberg)
Anggota Dewan Gubernur Federala Reserve Christopher Waller (Al Drago/Bloomberg)

Craig Torres - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve (The Fed) Christopher Waller mengatakan bahwa Fed harus mengambil pendekatan yang hati-hati dan sistematis dalam memangkas suku bunga. Menurutnya, proses ini dapat dimulai tahun ini jika tidak ada kenaikan inflasi yang signifikan.

Waller menyatakan keyakinannya bahwa Federal Open Market Committee (FOMC) dapat menurunkan kisaran target untuk suku bunga federal fund tahun ini, asalkan inflasi tetap rendah. Namun, ia juga menekankan perlunya penurunan suku bunga dilakukan secara metodis dan hati-hati.

Komentar Waller ini memberikan gambaran yang paling rinci hingga saat ini mengenai niat Fed melonggarkan kebijakan pada tahun ini. Meskipun dia terbuka untuk menurunkan suku bunga, komentar Waller itu tampaknya bertentangan dengan ekspektasi pasar yang memprediksi enam kali penurunan suku bunga tahun ini.

Komentar Waller telah memengaruhi imbal hasil obligasi dan mengurangi ekspektasi pasar terhadap penurunan suku bunga dalam waktu dekat. Waller menyatakan bahwa waktu pemotongan dan jumlah pemangkasan aktual akan bergantung pada data yang masuk.