Logo Bloomberg Technoz

Punya Kas Rp31 T, TPIA Masuk Bisnis Penunjang Hilirisasi Nikel

Mis Fransiska Dewi
11 January 2024 09:30

Aktivitas kerja PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA). (Dok Perusahaan)
Aktivitas kerja PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA). (Dok Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten Prajogo Pangestu, PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA) akan masuk bisnis penunjang hilirisasi nikel. Ini merupakan salah satu agenda besar perusahaan.

Chandra Asri (TPIA) akan membangun pabrik CA-EDC. Selain memproduksi 500.000 metrik ton ethylene dichloride per tahun, pabrik ini juga memproduksi lebih dari 400.000 metrik ton caustic soda per tahun.

Direktur Legal, External Affairs & Circular Economy Chandra Asri Edi Rivai menjelaskan, caustic soda merupakan material penting untuk hilirisasi nikel. Caustic soda menjadi salah satu bahan baku pemurnian dari nikel selain untuk industri sabun dan deterjen.

Indonesia sendiri diprediksi mengalami defisit hingga 462 kilo ton caustic soda pada tahun 2026.  “Posisi caustic soda sangat penting untuk pengembangan electric vehicle (EV), yang saat ini masih banyak diimpor,” Edi, dikutip Kamis (11/1/2024).

Direktur Sumber Daya Manusia dan Urusan Korporat Chandra Asri Suryandi menambahkan, Chandra Asri (TPIA) akan mengumumkan secara resmi ekspansi tersebut.