Logo Bloomberg Technoz

Pemilik Wings & Grup Djarum, Sempat Diisukan Hengkang dari IKN

Dovana Hasiana
09 January 2024 14:28

Pembangunan fasilitas pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pembangunan fasilitas pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wings dan Grup Djarum sempat dikabarkan hengkang dari konsorsium Nusantara yang dipimpin bos Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma, atau yang akrab disapa Aguan, untuk membangun proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kabar tersebut dibantah oleh Head of Corporate Communications & CSR Wings Group Indonesia Sheila Kansil. Ia memastikan, Wings Group tidak hengkang dari Konsorsium Nusantara. Cuma memang, investasinya dilakukan bukan berbasis komersial.  

Pemilik Wings Group 

Dilansir melalui website resmi Wings Group, Harjo Sutanto merupakan pemilik dari Wings Group. Awalnya, Harjo Sutanto pindah dari Tulungagung ke Surabaya. Dia bersama Johannes Ferdinand Katuari mendirikan pabrik sabun rumah tangga yang diberi nama Fa. Thong Fat yang artinya “Sukses dan Makmur Bersama”. 

Produk pertama dari Fa. Thong Fat adalah sabun batangan dengan nama Wings Soap. Produk tersebut didistribusikan menggunakan sepeda dan penjualan sabun dilakukan dari pintu ke pintu, pengiriman ke toko-toko dan melalui penjual berkeliling. 

Pada 2020, Sutanto masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes dengan menempati posisi ke-48. Harta kekayaannya saat itu tercatat sebesar USD530 juta atau setara Rp8,22 triliun (Asumsi Kurs Rp15.527).