Logo Bloomberg Technoz

Tanggapan Jokowi soal Nilai Kemenhan 5 di Era Prabowo

Dovana Hasiana
08 January 2024 16:00

Keterangan Pers Presiden Jokowi Terkait Penerimaan CASN 2024, Istana Merdeka, 5 Januari 2024. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Keterangan Pers Presiden Jokowi Terkait Penerimaan CASN 2024, Istana Merdeka, 5 Januari 2024. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi pernyataan Capres Ganjar Pranowo yang memberikan skor 5 kepada Kementerian Pertahanan (Kemenhan) pada saat debat capres, Minggu (7/1/2024). 

Menurut Jokowi, hal itu seharusnya ditanyakan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga merupakan calon presiden rival Ganjar.

“Tanyakan ke Menteri Pertahanan (Prabowo Subianto),” ujar Jokowi usai peresmian jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor yang disiarkan secara virtual, Senin (8/1/2024). 

Capres Anies Baswedan pada awalnya menanyakan skor Kementerian Pertahanan (Kemenhan) pimpinan Prabowo Subianto kepada Ganjar dan diberikan hanya poin 5 oleh Ganjar. Poin 5 artinya tidak bagus sama dengan poin pemberantasan korupsi yang pernah diberikan oleh Ganjar yakni dalam skala 10.

"Lima (5). Saya punya datanya dan akan saya sampaikan ada yang ingin saya sampaikan dari yang tadi saya utarakan, kalau ingin membangun sistem pertahanan maka dalam perencanaan kita tak boleh gonta-ganti dan harus ajek dan mendengarkan matra yang ada," kata Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan Anies di debat capres di Jakarta, Minggu (7/1/2024).