Logo Bloomberg Technoz

Pada saat proses pembukaan rekening deposito di Bank Victoria Syariah, Pool Advista Finance (POLA) mentransfer dananya dari rekening Perseroan di Bank BCA dan Bank CIMB Niaga ke rekening Tabungan Bisnis di Bank Victoria Syariah dengan nomor rekening 5006000340. Transfer dilakukan sebanyak 5 kali sejak Februari-Desember 2022.

Kemudian, Pool Advista Finance (POLA) membuka rekening perantara penempatan deposito atas permintaan Mini Sumandari sebagai kepala cabang Bank Victoria Syariah Bekasi pada awal tahun 2022 dengan nomor rekening 5106000191. 

Berdasarkan surat dari Bank Victoria Syariah cabang Bekasi yang ditandatangani oleh Mini Sumandari dan Siti Nurdiana tertanggal 12 September 2022 nomor 1430/KC-BKS/IX/2022 yang menyampaikan tentang adanya penutupan/relokasi cabang Bekasi.

Setelah ditutup, deposito Pool Advista Finance (POLA) dialihkan ke Cabang Tomang, dan nomor rekening berubah menjadi nomor 5006000340, dan sejak tanggal tersebut maka untuk pembukaan deposito Perseroan mentransfer ke rekening tersebut.

"Perseroan tidak pernah menerima laporan mutasi rekening perantara tersebut dan tidak meminta karena Perseroan menganggap bahwa rekening tersebut hanya sebatas sebagai rekening penampungan, dan Perseroan baru mengetahui setelah diinformasikan oleh kepala cabang Tomang setelah terjadinya penolakan pencairan deposito bahwa rekening perantara tersebut merupakan Rekening Tabungan Bisnis atas nama Perseroan yang memiliki buku dan kartu ATM, dan setelah menerima informasi tersebut Perseroan langsung meminta seluruh mutasi atas rekening Tabungan Bisnis tersebut dengan surat Perseroan ke Bank Victoria Syariah tanggal 20 Februari 2023 nomor S.049/DIR.PAF/I/2023," tuturnya.

Setelah Perseroan melakukan transfer dana untuk pembukaan rekening deposito pada tanggal diatas, Bank Victoria Syariah menerbitkan 5 lembar bilyet deposito.

"Dengan bukti-bukti sebagaimana tersebut di atas sangat jelas bahwa dana dari Perseroan telah masuk dan tercatat di dalam Rekening Tabungan bisnis milik Perseroan di Bank Victoria Syariah dan tercatat di dalam sistem Bank Bank Victoria Syariah," kata dia.

Terkait kemungkinan dugaan sejumlah aliran dana yang mengindikasikan keterkaitan Perseroan dengan pihak lain di luar Bank, pihaknya menegaskan seluruh transaksi kepada pihak lain di luar Bank berupa pengeluaran dana dari rekening Tabungan Bisnis di Pool Advista Finance (POLA) dilakukan oleh Bank Victoria Syariah tanpa instruksi dari pejabat yang berwenang di Perseroan.

Pada saat Perseroan diperiksa oleh Polda Metro Jaya pada 8 Agustus 2023, penyidik Polda menunjukkan kepada Perseroan dokumen dari Bank Victoria Syariah berupa surat instruksi pemindahbukuan dari Perseroan yang ditandatangani ole pejabat berwenang.

"Kami sudah menyampaikan kepada penyidik bahwa surat tersebut menggunakan tanda tangan yang dipalsukan," imbuh Andi.

(mfd/dhf)

No more pages