Logo Bloomberg Technoz

Ganjar-Mahfud Merasa Dirugikan soal Simulasi Surat Suara 2 Kolom

Pramesti Regita Cindy
04 January 2024 14:55

Foto Capres Ganjar Pranowo (Diolah/Bloomberg Technoz)
Foto Capres Ganjar Pranowo (Diolah/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD merasa dirugikan dengan adanya simulasi pencoblosan dengan surat suaranya hanya ada dua kolom paslon. Padahal paslon tersebut adalah nomor urut 3. Cawapres Mahfud MD menyatakan sudah menyampaikan protes kepada Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3, Mahfud MD, mengungkapkan telah mengajukan complaint kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari  terkait  simulasi surat suara Pilpres 2024 di sejumlah daerah,  yang  hanya berisi 2 Kolom Pasangan Calon (Paslon). 

“Pak Hasyim, Ketua KPU sudah saya complain tentang hal ini dan dia bilang itu hanya simulasi dari IPB, dan akan dikoreksi. Akan diperbaiki," kata Mahfud sebagaimana keterangan resmi yang dikutip pada Kamis (4/1/2024).

Mahfud mengatakan, simulasi surat suara untuk Pilpres 2024 seharusnya berisi minimal 4 paslon. Jika tidak,  kolom untuk paslon 1, 2, dan 3 maka harus ada di setiap lembaran suara. 

"Seharusnya minimal 4 kolom, kalau tidak 1, 2, dan 3 sesuai paslon. Ini sudah ada pernyataan resmi dari Pak Hasyim," ungkap Mahfud.