Logo Bloomberg Technoz

Bukan 1 atau 3, Jokowi Minta Produksi Beras Jateng Peringkat 2

Pramesti Regita Cindy
03 January 2024 00:30

Presiden Jokowi memberikan pengarahan petani se-Jateng di Banyumas (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi memberikan pengarahan petani se-Jateng di Banyumas (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar Jawa Tengah (Jateng) kembali menjadi penghasil beras kedua terbesar di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Jokowi pada saat memberikan arahan di acara pembinaan petani se-Provinsi Jawa Tengah. Yang menarik, berkali-kali Jokowi menyebut angka dua.

Padahal Jawa Tengah pada 2019 menurut website resmi Provinsi Jateng, pernah menjadi provinsi penghasil beras tertinggi se Indonesia. Artinya peringkat satu sebagaimana data Kementerian Pertanian. Bahkan Provinsi Jawa Tengah memperoleh penghargaan sebagai daerah dengan tingkat produksi beras tertinggi se-Indonesia pada 2019. Penghargaan diserahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, tepat pada HUT ke-75 Indonesia, Senin (17/8/2020).

Namun Jokowi mengatakan, dia ingin agar Jateng kembali ke nomor 2 (dua). 

"Karena target kita di Jawa Tengah ini karena produktivitas sudah menurun, target kita kembali ke nomor 2 lagi. Setuju ndak yang tak setuju angkat tangan, maju, setuju ndak, ranking kedua lagi kembali ke awal," kata Presiden Jokowi dalam pengarahannya yang juga disiarkan secara virtual, Selasa (2/1/2024).

Ucapan Presiden Jokowi lalu disambut tepuk tangan yang riuh oleh para petani.