Logo Bloomberg Technoz

Bursa Saham Asia Diprediksi Lesu Terpengaruh Risalah The Fed

News
04 January 2024 07:40

Ilustrasi bursa Asia (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi bursa Asia (Sumber: Bloomberg)

Richard Henderson - Bloomberg News

Bloomberg,  Bursa saham Asia diprediksi dibuka merosot menyusul penurunan tajam bursa AS setelah risalah rapat Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) mengindikasikan suku bunga akan tetap tinggi dalam jangka waktu lebih lama dari perkiraan.

Saham Australia dan kontrak berjangka untuk indeks acuan Jepang melemah, sementara Hong Kong sedikit menguat. Indeks S&P 500 ditutup 0,8% lebih rendah pada Rabu, memperpanjang tren penurunan harian yang dimulai pada hari perdagangan terakhir tahun 2023.

Sektor teknologi AS menjadi yang paling terpukul. Nasdaq 100 jatuh 1,1%, merupakan penurunan harian keempat dan terlama dalam dua bulan. Alphabet Inc adalah satu-satunya perusahaan dalam kelompok 'Magnificent Seven' yang menghindari kerugian. Hal ini menandakan berkurangnya minat investor terhadap saham teknologi yang memimpin reli tahun lalu.

Pelemahan dalam ekuitas dipicu oleh risalah rapat The Fed pada Desember yang menyarankan suku bunga bisa tetap pada level restriktif "untuk beberapa waktu", sambil memberi sinyal bahwa pemotongan suku bunga mungkin terjadi sebelum akhir tahun. Trader swap telah mengurangi taruhan mereka pada pemotongan suku bunga setelah memperhitungkan penurunan penuh seperempat poin pada suku bunga acuan saat pertemuan Maret.