Logo Bloomberg Technoz

"Secara keseluruhan, ini adalah pembaruan hawkish dari The Fed," menurut Ian Lyngen di BMO Capital Markets. Meskipun "nada pembaruan tampaknya diabaikan investor."

Grafik bursa saham Asia. (Sumber: Bloomberg)

Berbeda dengan ekuitas, obligasi pemerintah mengalami penurunan pada hari pembukaan terburuk dalam catatan selama setahun terakhir. Imbal hasil Treasury 10 tahun turun satu basis poin menjadi 3,9% karena risalah The Fed menunjukkan kemungkinan pelambatan laju pengetatan kuantitatif. Imbal hasil Australia dan Selandia Baru sedikit berubah pada Kamis pagi.

Data manufaktur AS pada Rabu menunjukkan aktivitas tetap dalam kontraksi. Angka terpisah menunjukkan jumlah lowongan pekerjaan turun sedikit pada November dari angka revisi bulan sebelumnya, sebagai tanda pelemahan pasar tenaga kerja.

"Secara keseluruhan, pasar tenaga kerja tetap kuat, tetapi permintaan menurun, menuju keseimbangan yang lebih baik dengan pasokan," tulis Rubeela Farooqi, kepala ekonom AS di High Frequency Economics. "Data ini akan menjadi berita baik bagi pembuat kebijakan dan mendukung pandangan The Fed bahwa langkah selanjutnya dalam suku bunga akan lebih rendah, kemungkinan pada Q2."

Di tempat lain, indeks yang mengukur kekuatan dolar menguat untuk sesi keempat berturut-turut pada Rabu, yang merupakan kinerja terbaik sejak November. Yen stabil di sekitar 143 per dolar setelah melemah hampir 1% terhadap greenback.

Di Asia, investor akan mencermati Caixin Services PMI China pada Desember untuk mengetahui tanda-tanda ketahanan ekonomi terbesar kedua di dunia. Data PMI dari S&P Global untuk Singapura dan Hong Kong juga akan dirilis, begitu pula data Jibun Bank Manufacturing PMI untuk Jepang.

Geopolitik tetap menjadi fokus. Iran mengatakan serangan yang menewaskan hampir 100 orang di negara itu dilakukan untuk menghukum sikapnya terhadap Israel, meningkatkan ketegangan di kawasan.

Ketegangan ini membebani harga minyak mentah, yang juga tertekan oleh gangguan pasokan di Libya dan pernyataan OPEC tentang komitmen untuk menstabilkan harga. West Texas Intermediate dan harga Brent naik 3,30% pada Rabu. 

Di tempat lain, kemerosotan Bitcoin membuat cryptocurrency ini hampir menghapus semua kenaikan yang diperoleh sepanjang tahun ini.

(bbn)

No more pages