Logo Bloomberg Technoz

Jelang Piala Asia, Timnas Garuda Dibantai Libya 4-0 di Turki

Fransisco Rosarians Enga Geken
03 January 2024 10:50

Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner yang bermain di Klub Wolverhampton Wanderers, Inggris. (Dok. PSSI)
Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner yang bermain di Klub Wolverhampton Wanderers, Inggris. (Dok. PSSI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim Nasional (Timnas) Indonesia tumbang dalam laga uji coba melawan Timnas Libya dengan skor 4-0 di Mardan Sports Complex, Turki, Selasa (2/1/2024). Laga ini menjadi bagian dari persiapan Timnas Garuda untuk melakoni Piala Asia yang dimulai 12 Januari mendatang.
 
Pelatih Timnas, Shin Tae-yong memang menerapkan sejumlah perubahan dengan mencoba seluruh pemain yang dibawanya ke Turki. Hal ini dilakukan karena laga uji coba ini tak dimasukkan federasi sepak bola dunia atau FIFA dalam penghitungan peringkat.

Pada babak pertama, pelatih asal Korea Selatan tersebut menurunkan anak latihnya yaitu kiper Syahrul Trisna; dan empat pemain bertahan Wahyu Prasetyo, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Yakob Sayuri. Pada Lini tengah, dia mengerahkan Richardo Kambuaya, Marc Klok, Saddil Ramdani, dan Dendy Sulistiawan. 

Sedangkan pada lini depan, Shin mencoba formasi dengan menempatkan Dimas Drajad dan Rafael Struick. Hasilnya Pemain Libya, Ahmed Ekrawa mencetak gol pada menit ke-26.

Di babak kedua, Shin mengganti semua pemain, kecuali penjaga gawang. Pada lini belakang, dia menempatkan Justin Hubner, Jordi Amat, dan Sandy Walsh. Selain itu, dia juga memasukkan Edo Febriansyah, Witan Sulaeman, Ivar Jenner, Marselino, Hokky Caraka, Adam Alis, dan Ramadhan Sananta.

Permainan timnas memang lebih mengalir pada paruh kedua. Bahkan mereka berhasil menciptakan peluang namun tendangan Adam Alis masih membentur tiang gawang.