Logo Bloomberg Technoz

Anies Ungkap JK Minta Figur HMI Tak Berhenti di Cawapres

Pramesti Regita Cindy
27 December 2023 17:30

Mantan Wapres Jusuf Kalla (TPN Anies-Muhaimin)
Mantan Wapres Jusuf Kalla (TPN Anies-Muhaimin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden (Capres) Anies Rasyid Baswedan mengeklaim bahwa telah lama ada dukungan dari Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) melalui mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK). 

Menurut Anies, JK telah memberikan sinyal dukungannya pada saat Musyawarah Nasional (Munas) KAHMI di Palu tahun 2022. Dimana diketahui, JK sendiri merupakan Ketua Majelis Etik dari Korps Alumni organisasi bagi mahasiswa Islam tersebut. 

Anies membeberkan bahwa JK membanggakan banyaknya kader HMI yang berada di posisi starategis pemerintahan termasuk dirinya yang menjabat sebagai wakil presiden. JK kata Anies berharap ke depannya agar ada figur dari HMI yang lebih dari posisi wapres.

"Oleh karena itu kata beliau tahap selanjutnya sebaiknya jangan di posisi itu lagi (wapres),"  ujar Anies dalam Deklarasi Dukungan Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Swasana Lippo Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2023). 

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menerangkan bahwa ucapan JK di Munas KAHMI tersebut nyatanya direalisasikan melalui dukungan kepada dirinya belum lama ini.