Logo Bloomberg Technoz

Gibran-Muhaimin Panas di Debat Cawapres Bahas IKN, Ini Faktanya

Mis Fransiska Dewi
22 December 2023 20:39

Pembangunan fasilitas pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pembangunan fasilitas pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Wakil Presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mengatakan Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan proyek besar ambisius. 

“Jika hanya mengandalkan APBN hampir Rp500 triliun padahal 1% saja untuk bangun jalan seluruh Kalimantan beres bangun seluruh kota-kota Kalimantan beres, infrastruktur untuk SDM 3% dari seluruh anggaran IKN bisa bangun sekolah dengan baik di Kalimantan,” kata Muhaimin dalam Debat Cawapres di Jakarta Convention Centre, Jumat (22/12/2023).

Sementara Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka pernyataan Muhaimin tidak konsisten karena Muhaimin ikut meresmikan potong tumpeng di IKN. 

“Dulu dukung, sekarang nggak dukung hanya karena jadi wakil Anies yang mengusung tema perubahan. Sekali lagi IKN bukan hanya membangun bangunan pemerintah tetapi juga simbol pemerataan pembangunan di Indonesia, simbol transformasi pembangunan di Indonesia,” kata Gibran. 

Gibran juga menyebut sudah banyak investor yang masuk  seperti Mayapada, Agung Sedayu Group dan akan bertambah lagi setelah Pilpres 2024.