Logo Bloomberg Technoz

Nasdaq 100 Capai Titik Tertinggi Dalam Dua Tahun Terakhir

News
16 December 2023 14:30

Listing Arm di Nasdaq. (Dok: Bloomberg)
Listing Arm di Nasdaq. (Dok: Bloomberg)

Elena Popina dan Jessica Menton - Bloomberg News

Bloomberg, Indeks Nasdaq 100 mencapai level tertinggi baru sepanjang masa pada perdagangan, Jumat (16/12/2023). Capaian ini ditopang penguatan saham-saham perusahaan teknologi besar usai  the Federal Reserve mengisyaratkan kenaikan suku bunga yang agresif untuk menahan inflasi telah berakhir; dan akan mulai menerapkan pemangkasan suku bunga pada 2024.

Nasdaq 100 tercatat naik 0,5% menjadi 16.623,45 atau melampaui titik puncaknya pada November 2021 dengan capaian 16.573,34. Bahkan, kondisi yang berlangsung sejak Januari ini menjadi yang paling baik sejak 2009.

Pergerakan yang hampir tanpa henti dalam indeks yang dipenuhi oleh teknologi sejak Januari telah menantang posisi defensif dalam kelompok ini setelah tahun 2022 yang suram, memaksa investor untuk mengejar ketertinggalan. Momentum di balik pembukaan terbaik indeks dalam enam bulan hingga satu tahun terakhir ini dimulai lagi pada bulan November - dan semakin meningkat minggu ini, ketika para pembuat kebijakan mengatakan bahwa siklus kenaikan suku bunga pada dasarnya telah berakhir. 

"Penurunan suku bunga telah memberikan dukungan yang sangat besar untuk Indeks Nasdaq 100 yang telah berlangsung lama," kata Gary Bradshaw, seorang manajer portofolio di Hodges Capital Management di Dallas, Texas. "Jika Anda melihat fundamental grup ini, mereka kuat untuk nama-nama teknologi besar dan perusahaan-perusahaan lain dalam indeks ini, yang seharusnya mendukung kenaikan lebih lanjut."