Logo Bloomberg Technoz

Pasang Surut Niat Milenial Lapor Pajak di Tengah Isu Rafael

Krizia Putri Kinanti
02 March 2023 14:04

Kantor Pajak Jakarta (Dok. Humas Pajak)
Kantor Pajak Jakarta (Dok. Humas Pajak)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Masyarakat Indonesia membanjiri media sosial untuk mendesak Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengambil langkah lebih tegas untuk memberantas korupsi di kantor pajak.

Perkara ini berawal dari anak seorang petugas pajak bernama Mario Dandy yang ditangkap karena memukuli seorang remaja dengan kekerasan. Kasus tersebut membuat orang-orang menggali unggahan media sosialnya di mana dia memamerkan kekayaan keluarganya, dengan video dia berlari berputar-putar dengan sepeda motor Harley-Davidson dan melaju dengan Jeep Wrangler Rubicon.

Hal itu menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana ayah Dandy, Rafael Alun Trisambodo, seorang pejabat pajak berpangkat eselon III dapat membeli aset tersebut dengan gaji pegawai negeri.

Rafael pun mengajukan pengunduran diri dan dipanggil oleh KPK. Namun kini perhatian beralih ke Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang telah lama memperjuangkan pentingnya kepercayaan publik dalam meningkatkan kepatuhan pajak. 

Di Twitter, tagar #OgahBayarPajak menjadi trending karena masyarakat Indonesia menyerukan ketidakpercayaannya terhadap lembaga fiskal tersebut.