Logo Bloomberg Technoz

Komisi VII DPR Dukung Kemenperin Tolak Impor KRL Bekas Jepang

Rezha Hadyan
01 March 2023 19:57

Kereta Commuter Line (PT KAI Commuter Line)
Kereta Commuter Line (PT KAI Commuter Line)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Polemik rencana impor rangkaian kereta rel listrik (KRL) bekas dari Jepang untuk mememenuhi kebutuhan armada Kereta Commuter Jabodetabek terus bergulir. 

Komisi DPR VII mengkritik rencana yang akan dilakukan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) karena dinilai tidak sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri dalam proyek nasional. 

Dalam kaitan itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Bambang Hariyadi berpendapat langkah Kementerian Perindustrian untuk tidak menerbitkan rekomendasi impor KRL bekas sudah tepat. 

"Kita punya BUMN produsen kereta PT. INKA [Industri Kereta Api], bahkan beberapa negara sudah menggunakan produk mereka. LRT Jabodetabek saja buatan INKA, kok malah ngotot mau beli rongsokan dari Jepang,” katanya melalui keterangan resmi, Rabu (01/03/2023).

Kalau kita lihat lonjakan penumpang dan pembangunan infrastruktur kereta api, kita juga harus lihat kapasitas produksi kita. Mencukupi atau tidak?

Menteri BUMN Erick Thohir

Untuk diketahui, sebanyak 10 rangkaian KRL yang dioperasikan di Jabodetabek harus dipensiunkan pada 2023 dan 16 rangkaian akan menyusul pada 2024.