Logo Bloomberg Technoz

12 Stasiun LRT Jabodetabek Diuji, Waktu Tempuh Hanya 33 Menit

Wike Dita Herlinda
01 March 2023 18:35

Kepadatan lalu lintas di sekitar proyek LRT di Cawang, Jakarta (Muhammad Fadli/Bloomberg)
Kepadatan lalu lintas di sekitar proyek LRT di Cawang, Jakarta (Muhammad Fadli/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Pemerintah melakukan uji coba LRT Jabodetabek dengan metode carousel guna memastikan proyek strategis tersebut dapat beroperasi lancar sesuai tenggat Juli 2023. 

Hasil dari uji coba yang dilakukan oleh jajaran PT KAI (Persero) dan Wakil BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menunjukkan perjalanan dari Stasiun Harjamukti melintasi 12 stasiun menuju Stasiun Dukuh Atas yang memiliki jarak 24,3 km dapat ditempuh dalam tempo 33 menit. 

Kartika mengatakan uji coba tersebut menggunakan 5 trainset untuk manakar alur alur operasional LRT Jabodebek saat melayani masyarakat. Dengan metode carousel, kereta berhenti di setiap stasiun dengan waktu henti sesuai dengan yang sudah ditentukan. 

“Hari ini saya mengikuti uji coba LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti di Cibubur menuju Stasiun Dukuh Atas di Sudirman fully aotomatic GoA 3 tidak ada masinis dan semua berjalan lancar. Kami targetkan pada Juli dapat beroperasi penuh. Semoga dapat menjadi transportasi baru modernisasi transportasi Jakarta dan bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya, dikutip dari siaran pers, Rabu (1/03/2023). 

Pada kesempatan yang sama, Kartika juga meninjau Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Dukuh Atas yang akan menghubungkan Stasiun LRT Dukuh Atas dengan transportasi umum lainnya seperti kereta rel listrik (KRL), kereta bandara, dan moda raya terpadu (MRT).