Logo Bloomberg Technoz

Usai Rafael, Kemenkeu Copot Pegawai Bea Cukai yang Pamer Harta

Tara Marchelin
01 March 2023 17:40

Wakil Menteri Keuanhan Suahasil Nazara (Dok. Tangkapan Layar Youtube)
Wakil Menteri Keuanhan Suahasil Nazara (Dok. Tangkapan Layar Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Aksi 'bersih-bersih' yang dilakukan Menteri Keuangan Sri Mulyani terhadap para jajarannya kembali berlanjut. Kali ini Kementerian Keuangan kembali mencopot seorang pegawai dari lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai berinisial ED.

ED turut ramai diperbincangkan dalam beberapa waktu terakhir, diketahui suka memamerkan gaya hidup mewahnya di media sosial. Berdasarkan Laporan LHKPN terakhirnya, ED tercatat memiliki harta kekayaan mencapai Rp 6,72 miliar. 

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan terkait temuan hal ini, ia telah menginstruksikan Dirjen Bea Cukai melalui Direktorat Kepatuhan Internal dan Sekertaris Ditjen Bea Cukai untuk memanggil dan memeriksa yang bersangkutan.

"Saya telah instruksikan kepada Dirjen Bea Cukai agar yang bersangkutan dibebastugaskan secepat mungkin karena sampai saat ini belum," ujar Suahasil dalam konferensi pers, Rabu (1/3/2023).

Suahasil menjelaskan Kemenkeu telah memanggil ED untuk mengklarifikasi sejumlah foto yang beredar di media sosial. Dari hasil pemeriksaan, pesawat Cessna yang dipamerkan yang bersangkutan diketahui milik Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).