Logo Bloomberg Technoz

Kemenhub: Belum Ada Protokol Baru untuk Mudik Nataru 2023/2024

Dovana Hasiana
11 December 2023 17:20

Ilustrasi mudik Nataru. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi mudik Nataru. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Perhubungan mengatakan bahwa pemerintah belum menetapkan kebijakan protokol baru saat periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 walaupun kasus Covid-19 akhir-akhir ini  mengalami peningkatan.  

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan, pemerintah saat ini hanya memberikan imbauan dan belum memberikan sederet kewajiban yang harus dipenuhi oleh pelaku perjalanan dalam melaksanakan mudik atau perjalanan pada periode Nataru 2023/2024. 

Selain itu, Adita menambahkan, segala isu yang berkaitan dengan kesehatan tentu harus merujuk kepada Kementerian Kesehatan sebagai lemabaga yang paling bertanggung jawab (leading actor) dalam isu tersebut. 

“Sampai saat ini memang belum ada protokol baru untuk pelaku perjalanan. Masih seperti yang ada sekarang, sehingga sifatnya masih imbauan,” ujar Adita dalam konferensi pers Nataru 2023/2024, di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (11/12/2023). 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Usman Kansong mengatakan, pemerintah akan terus mengimbau masyarakat untuk penggunaan masker dan cuci tangan sebagai merespon kasus Covid-19 yang akhir-akhir ini mengalami peningkatan.