Logo Bloomberg Technoz

KAI Deteksi 243 Titik Rawan Bencana Rute Mudik Nataru

Dovana Hasiana
08 December 2023 11:40

Rangkaian tiba di stasiun milik PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI. (Dok Kai.id)
Rangkaian tiba di stasiun milik PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI. (Dok Kai.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mendeteksi sebanyak 243 titik rawan bencana imbas cuaca ekstrem pada periode liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan setidaknya terdapat 3 jenis bencana yang diantisipasi akibat dari cuaca ekstrem yakni longsor, amblesan dan banjir.  

“Kalau longsor, tanah turun dari atas ke bawah, dari tebing. Kalau ambles itu, tanah yang berada di rel turun ke bawah. Kemudian ada juga potensi banjir. Sudah kita mitigasi,”  ujar Joni saat ditemui usai agenda Penandatanganan Kontrak Subsidi Penyelenggaraan Kereta Api Ringan (LRT) Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi Tahun 2023 di Stasiun LRT Jabodebek Halim, Jakarta Timur, Kamis (7/12/2023). 

Salah satu wilayah yang menjadi titik rawan bencana adalah Daerah Operasi (Daop) II Bandung di wilayah Tasikmalaya ke arah Purwakarta yang memiliki titik rawan tanah longsor dan amblesan.  

Jawa Barat, kata Joni, merupakan salah satu wilayah yang difokuskan karena terdapat beberapa titik rawan imbas cuaca dan lintasan yang ekstrem.