Logo Bloomberg Technoz

Kemenhub Minta Peserta Mudik Gratis Nataru Bawa Surat Tak Mampu

Dovana Hasiana
08 December 2023 19:40

Peserta program mudik gratis tiba diPelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. (Dok. BKIP Kemenhub)
Peserta program mudik gratis tiba diPelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. (Dok. BKIP Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan dan PT Pelni (Persero) akan mengadakan program mudik gratis saat periode liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. Karena keterbatasan kuota, keduanya akan menerapkan syarat yang ketat untuk memastikan penerima manfaat adalah kelompok masyarakat tak mampu.

“Untuk menyaring jangan sampai yang naik orang mampu. Persyaratan khususnya dari Kemenhub surat keterangan tidak mampu dari instansi atau desa setempat,”  kata Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni, Nuraini Dessy, Jumat (8/12/2023). 

Berdasarkan pembicaraan awal, kata dia, Kemenhub akan membiayai program mudik gratis untuk 500 orang bagi masing-masing ruas yang disiapkan dalam program mudik gratis tersebut. 

Para calon peserta mudik gratis nantinya harus  membawa surat keterangan tidak mampu dari instansi setempat. Pendaftaran program tersebut pun dilakukan di loket Pelni. 

“(Pendaftaran) di loket Pelni khusus, karena untuk mudik gratis ini tidak dijual secara bebas. Jadi penjualannya di loket Pelni, karena ada mekanisme khusus yang harus mereka bawa persyaratan dari Kemenhub,” ujar dia.