Logo Bloomberg Technoz

Ada BPJS, Pemerintah Tak Akan Bentuk Satgas Covid saat Nataru

Azura Yumna Ramadani Purnama
11 December 2023 16:10

Menko PMK Muhadjir Effendy. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Menko PMK Muhadjir Effendy. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah kemungkinan tak akan membentuk satuan tugas (satgas) khusus untuk menangani potensi peningkatan kasus Covid-19 pada masa Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dia menilai, penyakit asal Kota Wuhan, China tersebut sudah menjadi endemi.

"Cukup ditangani secara prosedur biasa saja dari Kemenkes. Toh, kalau mereka yang sakit langsung di-handle (ditangani) oleh BPJS. Jadi, tidak ada masalah," kata Muhadjir di kantornya, Senin (11/12/2023).

Menurut dia, pemerintah menilai pandemi Covid-19 sudah usai. Beberapa kasus yang kembali muncul pun menunjukkan gejala yang lebih ringan. Pada saat ini, sebagian besar masyarakat pun telah memiliki kekebalan karena menjalani program vaksinasi.

"Kita tunggu imbauan dari presiden," kata Muhadjir. "Salah satunya akan saya sampaikan apakah semakin bertambah kasus Covid-19 nya."

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan telah melaporkan terjadinya trend peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir. Bahkan Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat terjadi tambahan pasien hingga 271 orang dalam satu pekan terakhir.