Logo Bloomberg Technoz

Kemenkes Pastikan Tak Ada PPKM Meski Kasus Covid RI Naik Lagi

Rosmayanti
08 December 2023 18:50

Covid-19 Covid Test (dok Pixabay)
Covid-19 Covid Test (dok Pixabay)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat adanya peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia sejak akhir November dikarenakan varian baru, yakni EG.2 dan EG.5. Meski begitu, pemerintah tidak akan melakukan pembatasan lagi lantaran Covid-19 di Indonesia sudah masuk endemi.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Siti Nadia Tarmizi, menjelaskan saat ini kasus Covid-19 tercatat sebesar 237 per pekan. Kemenkes pun memantau kasus Covid-19 tiap pekan, tidak tiap hari.

“Umumnya kenaikannya karena varian baru [Covid-19], kenaikannya selalu fluktuatif. Cuma pekan kemarin terjadi peningkatan yang cukup besar. Enggak akan kita masuk ke dalam situasi pandemi lagi sekarang. Kasus naiknya sangat rendah,” ujarnya saat dihubungi Bloomberg Technoz, Jumat (8/12/2023).

Meski saat ini tidak ada kewajiban untuk melakukan tes Covid-19, Nadia mengimbau masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek untuk melakukan tes Covid-19.

“Iya dari dahulu kan kalau kita sakit sebaiknya kita tes [Covid-19], supaya kita tahu bahwa kalau kita enggak Covid-19, ya berarti kita tidak isolasi, tetapi kalau kita Covid-19 kita isolasi,” imbaunya.