Logo Bloomberg Technoz

Covid di RI 35-40 Kasus per Hari, Vaksin Inavac & Indovac Gratis

Pramesti Regita Cindy
10 December 2023 07:30

Tenaga kesehatan bersiap melakukan tes Covid-19 di layanan tes Covid-19 di Jakarta, Senin (8/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Tenaga kesehatan bersiap melakukan tes Covid-19 di layanan tes Covid-19 di Jakarta, Senin (8/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat melakukan vaksinasi dosis lengkap untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang kembali terjadi. Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, vaksinasi perlu dilakukan baik dosis lengkap maupun booster

Hal ini diperlukan karena  kasus covid-19 dilaporkan kembali meningkat di sejumlah negara di ASEAN termasuk Indonesia. Di RI, rata-rata kasus harian bertambah 35-40 kasus. Pasien Covid yang dirawat di rumah sakit tercatat antara 60-131 orang per 6 Desember 2023. Tingkat keterisian rumah sakit saat ini sebesar 0.06% dan angka kematian 0-3 kasus per hari.

Kenaikan kasus ini didominasi oleh subvarian Omicron XBB 1.5 yang juga menjadi penyebab gelombang infeksi Covid-19 di Eropa dan Amerika Serikat. Selain varian XBB, dideteksi di Indonesia juga sudah ada subvarian EG2 dan EG5. 

“Saat ini, kami melihat ada kenaikan (kasus) yang cukup signifikan, diharapkan seluruh masyarakat untuk segera vaksinasi, dosis lengkap maupun booster,” kata Dirjen Maxi melalui keterangan pers dikutip Minggu pagi (10/12/2023).

Vaksin dosis lengkap maupun booster bisa didapatkan secara gratis di puskesmas, rumah sakit atau pos vaksinasi terdekat daerah masing-masing. Cara mendapatkannya hanya perlu menunjukkan KTP atau identitas lainnya kepada petugas vaksinasi.