Logo Bloomberg Technoz

Alasan Mengawinkan TikTok & Tokopedia dengan Mahar Rp23,2 T

Rosmayanti
11 December 2023 10:30

Ilustrasi Tokopedia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Tokopedia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kerja sama TikTok dan Tokopedia diresmikan hari ini, Senin (11/12/2023), dengan anak usaha perusahaan teknologi ByteDance Ltd asal China ini menaruh modal investasi baru US$1,5 miliar (sekitar Rp23,2 triliun). Penggabungan dua kekuatan dipercayai dapat mendorong pertumbuhan bisnis.

TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia, entitas anak yang sebelumnya dikuasai penuh oleh PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).  Patrick Walujo, CEO GOTO juga akan mengawal langsung proses transisi dan integrasi ini lewat komite yang ia ketuai. Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo. 

“Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia,” tulis kedua perseroan dalam pengumumannya, Senin (11/12/2023).

“Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GOTO dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia. Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GOTO, yang akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia.”

TikTok dan Tokopedia akan menguji coba kemitraan ini pada kampanye Beli Lokal bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12. Uji coba juga di bawah pengawasan dan konsultasi dari kementerian lembaga pemerintah Indonesia terkait.