Logo Bloomberg Technoz

Akankah Kolaborasi Tiktok & Tokopedia Terwujud Sebelum 12.12?

Mis Fransiska Dewi
07 December 2023 15:39

Ilustrasi Tokopedia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Tokopedia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dalam waktu dekat rincian kesepakatan rinci investasi TikTok, yang terafiliasi dengan perusahaan teknologi asal China, ByteDance Ltd diumumkan. Akankah seluruhnya akan terjadi sebelum rangkaian akhir hari belanja online periode Desember 2023, atau yang kita kenal juga sebagai 12.12?

Menurut berbagai sumber yang bercerita kepada Bloomberg News, kesepakatan informal telah berlangsung sebagaimana dilaporkan pada Selasa (5/12/2023). Masih dari orang yang mengetahui informasi kesepakatan TikTok dengan salah satu unit bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) ini, bahwa minggu depan adalah waktu paling cepat rilis disampaikan secara resmi kepada publik.

Investasi TikTok ke Tokopedia jadi kali pertama kalinya sebuah e-commerce asal luar negeri masuk ke pasar Indonesia, sebagai negara dengan pangsa terbesar ekonomi di Asia Tenggara. Aliansi ini memungkinkan TikTok Shop dan Tokopedia bersinergi di beberapa wilayah.

Perwakilan GOTO menolak berkomentar. “Kami tidak bisa memberikan tanggapan terhadap rumor dan spekulasi,” jawab perwakilan perusahaan saat dimintai konfirmasi. Pihak TikTok Indonesia juga mengaku belum memiliki informasi apapun terkait rumor TikTok beraliansi dengan Tokopedia.

Sebelumnya TikTok juga dikabarkan akan kembali hadir di Indonesia bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November silam, namun isu berlalu begitu saja saat kuat dugaan pembicaraan dengan salah satu pemain e-commerce lokal Indonesia berlangsung.