Logo Bloomberg Technoz

Tingkat Pengangguran AS Naik di Tengah Tanda-Tanda Awal Resesi

News
08 December 2023 15:00

Tingkat pengangguran AS meningkat di tengah tanda-tanda awal resesi. (Dok. Bloomberg)
Tingkat pengangguran AS meningkat di tengah tanda-tanda awal resesi. (Dok. Bloomberg)

Matthew Boesler - Bloomberg News

Bloomberg, Menurut Bloomberg Economics, laporan bulanan Biro Statistik Tenaga Kerja yang akan dirilis pada Jumat (8/12/2023) diperkirakan akan menunjukkan tingkat pengangguran Amerika Serikat (AS) naik tipis di November karena ekonomi mulai tergelincir ke dalam resesi.

Ekonom Bloomberg, Anna Wong dan Stuart Paul menjelaskan bahwa bersamaan dengan kenaikan tingkat pengangguran menjadi 4% dari 3,9%, angka-angka ini mungkin juga akan menunjukkan rebound sementara dalam pertumbuhan lapangan kerja berkat penyelesaian dua pemogokan besar.

"Lebih sulit bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan, dan masa pengangguran yang lebih lama biasanya menyebabkan peningkatan yang terus-menerus pada tingkat pengangguran," kata Wong dan Paul pada Kamis (7/12/2023) dalam pratinjau laporan tersebut. "Pandangan kami adalah bahwa resesi kemungkinan dimulai pada Oktober."

Tingkat pengangguran di AS. (Dok. Bloomberg)

Penciptaan lapangan kerja telah melambat tahun ini karena tingkat ketenagakerjaan untuk demografi usia kerja utama telah kembali ke tingkat sebelum pandemi, dan pertumbuhan upah juga menurun karena inflasi telah surut.