Logo Bloomberg Technoz

Jadwal Rights Issue Rp1 T Bank MNC Milik Hary Tanoe

Rosmayanti
08 December 2023 13:00

MNC Bank. (Dok. MNC Bank)
MNC Bank. (Dok. MNC Bank)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank MNC Internasional Tbk (BABP), emiten perbankan milik Hary Tanoesoedibjo itu segera memproses penerbitan saham baru sebanyak 13,503 miliar lembar dengan nominal Rp50/saham dan harga per saham atas rights issue Rp75/saham. Rights issue berjalan di tengah rencana perusahaan membayarkan dividen sekitar 25% dari laba bersih kepada pemegang saham.

Aksi korporasi ini berpeluang menghasilkan dana segar sekitar Rp1,01 triliun dari rencana penawaran umum terbatas atas penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) X sebagai 13.503.665.292 saham seri B.

Penerbitan saham baru lewat rights issue mewakili 28,57% dari modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan. Dimana setiap lima pemegang saham lama berhak atas dua saham baru HMETD. Saham-saham yang ditawarkan seluruhnya merupakan saham yang berasal dari portepel dan akan dicatatkan di BEI ini berlandaskan pada basis perhitungan Daftar Pemegang Saham (DPS) pada tanggal 15 Desember 2023 pukul 16:15 WIB.

“Tidak terdapat Pembeli Siaga dalam PMHMETD X Perseroan. Apabila saham-saham yang ditawarkan dalam PMHMETD X tersebut tidak seluruhnya diambil bagian oleh pemegang HMETD, maka sisanya akan dialokasikan kepada para pemegang saham lainnya yang melakukan pemesanan lebih dari haknya,” tulis Bank MNC dalam pengumumannya, Jumat (8/12/2023). Dana bersih hasil penggalangan right issue dipakai untuk penyaluran kredit dengan berlandaskan prinsip Penyediaan Modal Minimum (KPMM). 

Dalam pengumuman yang sama Bank MNC juga merencanakan pembagian dividen sebesar minimal 25% dari laba bersih. “Dengan tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan, posisi keuangan atau tingkat kesehatan Perseroan dan tanpa mengurangi hak dari RUPS.