Logo Bloomberg Technoz

AMD Klaim Punya Cip AI Paling Cepat, Bagaimana dengan Nvidia?

Azura Yumna Ramadani Purnama
08 December 2023 10:10

Cip produk buatan AMD. (Dok: Perusahaan)
Cip produk buatan AMD. (Dok: Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Advanced Micro Devices atau AMD baru saja merilis cip AI besutannya yaitu MI300X pada hari Rabu waktu setempat di San Jose, California. CEO AMD Lisa Su mengklaim Cip ini merupakan akselerator dengan performa tertinggi yang pernah ada untuk AI generatif. 

“Kami melihat permintaan yang sangat tinggi untuk GPU Instinct MI300 baru kami, yang merupakan akselerator dengan performa tertinggi di dunia untuk AI generatif," kata Lisa Su dikutip dari laman resmi Amd.

Dalam perilisannya, AMD telah menandatangani kontrak dengan beberapa perusahaan untuk menggunakan cip MI300X. Meta dan Microsoft adalah dua perusahaan terbesar yang membeli Nvidia H100 GPUs pada tahun 2023. 

“Kami juga membangun momentum yang signifikan untuk solusi AI pusat data kami dengan perusahaan cloud terbesar, penyedia server terbaik di industri, dan perusahaan startup AI paling inovatif yang bekerja sama dengan kami untuk menghadirkan solusi Instinct MI300X dengan cepat ke pasar yang secara dramatis akan mempercepat laju inovasi di seluruh ekosistem AI,” lanjut Lisa

Cip Amd yang baru ini memiliki 150 miliar transistor dan memori yang 2,4 kali lebih besar dibanding Cip H100 milik Nvidia. Oleh karena itu, peluncuran Cip ini merupakan salah satu langkah AMD untuk bisa menyaingi produk serupa besutan Nvidia.