Logo Bloomberg Technoz

BI Tetap Beroperasi Selama Natal dan Tahun Baru, Ini Jadwalnya

Redaksi
08 December 2023 06:53

Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)
Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) tetap beroperasi pada momentum libur Natal dan Tahun Baru. Bank sentral bahkan memperpanjang kegiatan operasional selama 1 jam hingga 5,5 jam menjelang akhir tahun.

Hal ini dengan pedoman pemerintah terkait Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023 dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, serta dalam rangka menyediakan infrastruktur bagi pelayanan transaksi perbankan. Terutama untuk penerimaan dan pengeluaran negara pada akhir tahun anggaran 2023, dan pemenuhan kebutuhan transaksi masyarakat serta dunia usaha menjelang Hari Raya Natal dan akhir tahun.

Kegiatan operasional Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP), dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dalam rangka Tutup Buku Anggaran BI dan pemerintah 2023 adalah sebagai berikut:

  • Tanggal 19 s.d 28 Desember 2023 diperpanjang selama 1 jam.
  • Tanggal 29 Desember 2023 diperpanjang selama 5,5 jam.

"Mulai 2 Januari, layanan transaksi melalui sistem BI-RTGS, BI-SSSS, BI-ETP, dan SKNBI kembali diadakan sesuai jadwal operasional yang berlaku," ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (8/12/2023).

Berikut Jam Operasional Sistem BI-RTGS, BI-SSSS, dan BI-ETP:

Jam Operasional Bank Indonesia (Bloomberg Technoz)