Logo Bloomberg Technoz

Bank of America Prediksi BI Pangkas Bunga Acuan Bulan Ini

News
07 December 2023 12:00

Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)
Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)

Ruth Carson and Chanyaporn Chanjaroen - Bloomberg News 

Bloomberg, Bank of America (BofA) memperkirakan Bank Indonesia (BI) akan segera memangkas bunga acuan secepatnya bulan ini, yang akan memicu reli surat utang negara RI, meskipun sinyal hawkish dilempar oleh BI akhir-akhir ini.

"Indonesia, jika tidak Desember, maka pada awal tahun depan, akan menjadi yang pertama memangkas bunga di kawasan Asia," kata Shah Jahan Abu Thahir, Head of Global Market di ASEAN, dalam sebuah wawancara. "Indonesia terlihat jelas memiliki ruang untuk memangkas bunga acuan seiring dengan saat ini tingkat bunga riil yang tinggi," katanya.

Prediksi analis yang bernada dovish itu datang kendati beberapa sinyal BI terakhir menunjukkan level bunga saat ini di 6% akan dipertahankan sampai tahun depan. BI telah mengambil langkah mempertahankan BI rate pada November lalu setelah kejutan kenaikan BI7DRRR pada Oktober lalu, untuk mendukung stabilisasi rupiah di tengah ketidakpastian global dan kenaikan harga minyak saat itu.

Rupiah telah berhasil melompat 2,5% pada November lalu, menjadi kenaikan bulanan pertama sejak April seiring dengan data Amerika Serikat yang melemah dan berbagai komentar dovish pejabat The Fed, dan akhirnya menyeret dolar AS ke level terlemah dalam empat bulan.