Logo Bloomberg Technoz

Vale Soal Divestasi 14% ke MIND ID: Menguntungkan bagi INCO

Sultan Ibnu Affan
29 November 2023 18:10

Pekerja berjalan di Kompleks Peleburan Tebing Tembaga Vale di Sudbury, Ontario, Kanada (Dok. Bloomberg)
Pekerja berjalan di Kompleks Peleburan Tebing Tembaga Vale di Sudbury, Ontario, Kanada (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Vale Indonesia Tbk (INCO) menegaskan divestasi sahamnya sebesar 14% kepada PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) akan lebih menguntungkan bagi bisnis perusahaan tambang nikel itu di Tanah Air ke depannya.

Direktur Keuangan Vale Indonesia Bernardus Irwanto mengatakan perusahaan membuka peluang lebih lebar untuk bermitra dengan badan usaha milik negara (BUMN) sektor pertambangan anggota MIND ID untuk ekspansi bisnis ke depan.

“Kita harus mem-framing divestasi ini dengan positif. Pemegang saham Vale sangat kuat, ketiganya punya keunggulan masing-masing; MIND ID, Vale Canada, Sumitomo juga. [Melalui divestasi ini] mereka bisa mendukung INCO dalam rangka mengembangkan bisnis ke depan,” ujarnya dalam paparan publik, Rabu (29/11/2023).

“Tentu saja peluang-peluang kerja sama itu akan terbuka dan dibicarakan para pihak [pemegang saham], yang mana bisa mendukung pencapaian strategis objektif perseroan, yang kemudian akan dibicarakan kemudian.”

Menurut Bernardus, divestasi tersebut juga memberikan kepastian dan kejelasan hukum bagi usaha Vale di Indonesia, kejelasan terkait dengan pemenuhan kewajiban sesuai regulasi UU Minerba, sekaligus kepastian tentang bagaimana perusahaan akan dijalankan ke depannya.