Logo Bloomberg Technoz

RI Bakal Pakai Nuklir untuk Medis dan Pangan, Bukan Cuma PLTN

Wike Dita Herlinda
29 November 2023 17:00

Ilustrasi energi nuklir. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi energi nuklir. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebut Indonesia makin serius memanfaatkan nuklir, tidak hanya untuk pembangkit listrik pada 2032, tetapi juga untuk terapi medis hingga produksi pangan.

Dalam kaitan itu, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menjelaskan riset dan pengembangan nuklir yang sedang dilakukan di Indonesia saat ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu; berbasis reaktor dan berbasis akselerator.

“Untuk yang berbasis reaktor, ada dua pemanfaatannya yaitu untuk PLTN dan produksi radioisotop atau radiofarmata untuk kesehatan,” ujarnya dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR RI, Rabu (29/11/2023).  

Sementara itu, sambungnya, nuklir berbasis akselerator akan dimanfaatkan untuk iradiasi pangan maupun kebutuhan industri alat kesehatan, seperti untuk terapi onkologi. “Tentu bisa juga untuk produksi radioisotop.”

Khusus untuk nuklir berbasis reaktor, Tri menyebut pemerintah memiliki beberapa rencana prioritas yang mencakup revitalisasi fasililtas-fasilitas reaktor nuklir BRIN yang sudah berusia cukup tua.