Logo Bloomberg Technoz

PGAS Targetkan Kenaikan Penjualan Gas 4% pada 2024

Sultan Ibnu Affan
29 November 2023 17:20

Perusahaan Gas Negara (PGAS). (Dok. PGN)
Perusahaan Gas Negara (PGAS). (Dok. PGN)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN membidik kenaikan target penjualan gas pada 2024 sebesar 4% dari 2023, yang hingga kuartal III sudah terealisasi sebanyak 935 billion british thermal unit per day (bbtud).

Direktur Sales dan Operasi PGN Ratih Esti Prihatini mengatakan kenaikan target tersebut ditopang oleh rencana penambahan pasokan gas dari Pertamina Hulu Energi (PHE) Jambi Merang dan PHE Jabung, yang mengalokasikan gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG)-nya untuk PGN.

Tambahan pasokan juga akan didapatkan dari proyek PEPC Jambaran Tiung Biru (JTB), meski tidak disebutkan berapa volumenya.

“PGN terus mengupayakan penambahan akuisisi pelanggan melalui penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan jaringan gas [jargas], skema bundling dengan pelanggan komersial, dan optimasi penyaluran gas dengan PLN melalui skema terminal reserve agreement, sesuai dengan alokasi PLN, serta bisnis LNG yang sudah terkontrak,” ujar Ratih dalam paparan publik, Rabu  (29/11/2023).

Hingga kuartal III-2023, emiten berkode saham PGAS mencatatkan laba bersih US$198 juta dengan capaian volume penjualan sebanyak 935 bbtud. Penjualan tersebut naik 5% dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya.