Logo Bloomberg Technoz

RI Wanti-wanti Konflik Gaza Israel Bisa Kembali Kerek Harga BBM

Sultan Ibnu Affan
06 November 2023 19:20

Ilustrasi Harga BBM (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Harga BBM (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah Indonesia hingga kini masih mengkhawatirkan konflik perang Israel-Hamas di Jalur Gaza masih memicu kenaikan sejumlah harga komoditas, salah satunya yakni Bahan Bakar Minyak (BBM).

Sebab itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, hingga kini pemerintah pun terus memantau kemungkinan tersebut. Apalagi, jika konflik bakal tereskalasai secara berkepanjangan.

"Risiko perang kita masih monitoring. Karena biasanya kalau ada ketegangan yang terdampak itu adalah komoditas, termasuk BBM maupun komoditas lain," ujar Airlangga dalam konferensi pers di kantornya, Senin (6/11/2023).

Meski demikian, Airlangga memprediksi efek kenaikan harga tersebut tak akan agresif, mengingat mayoritas pertmubuhan ekonomgi global saat ini terbilag cukup lesu. "Tentu nanti kita akan [tetap] antisipasi."

Belakangan, konflik yang memaas sejak awal Oktober tersebut sempat memicu beberapa harga komoditas. seperti minyak, meski saat ini telah kembali melandai.