Logo Bloomberg Technoz

Ganjar-Mahfud Target Kemiskinan 2,5%, Ini Kinerjanya di Jateng

Redaksi
22 October 2023 13:10

Pasang Capres-Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memasuki Gedung KPU. Foto: Pramesti/Bloomberg Technoz
Pasang Capres-Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memasuki Gedung KPU. Foto: Pramesti/Bloomberg Technoz

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah resmi mendaftarkan diri untuk berlaga dalam kontestasi Pilpres 2024. Hari ini duo yang diusung oleh PDI Perjuangan dan tiga partai lainnya itu tengah menjalani tes kesehatan di RSPAD, Jakarta.

Ganjar-Mahfud juga sudah merilis dokumen Visi Misi yang mereka usung bila kelak keluar sebagai pemenang Pilpres 2024. Salah satu yang perlu disoroti adalah target menurunkan tingkat kemiskinan Indonesia jadi 2,5% dan menekan angka kemiskinan ekstrem 0%.

"Fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara, adalah amanat konstitusi. Kami bertekad menjalankan amanat tersebut dengan target pengurangan kemiskinan yang jelas dan progresif. Percepatan penghapusan kemiskinan dilakukan dengan konvergensi program pusat dan daerah, serta optimalisasi dana non-APBN," demikian ditulis dalam dokumen visi misi pasangan Ganjar-Mahfud yang dikutip, Minggu (22/10/2023).

Sebelum maju sebagai bacapres, Ganjar lama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode alias 10 tahun. Sementara Mahfud MD, sampai detik ini masih menjabat sebagai Menteri Koordinato Bidang Politik, Hukum dan Keamanan di Kabinet Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Mengacu pada target penurunan angka kemiskinan hingga 2,5%, apakah target itu realistis? Bagaimana pencapaian Ganjar selama memimpin Jawa Tengah cukup lama?