Logo Bloomberg Technoz

Di Bawah Ganjar, Angka Kemiskinan Jateng Selalu di Atas Nasional

Hidayat Setiaji
18 October 2023 14:35

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD saat pengumuman Cawapres di DPP PDI Perjuangan, Rabu (18/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD saat pengumuman Cawapres di DPP PDI Perjuangan, Rabu (18/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo resmi diduetkan dengan Mahfud MD. Saat ini, Mahfud MD masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan di kabinet pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam pidatonya hari ini, Rabu (18/11/2023), Ganjar menyebut garis besar visi dan misinya jika duet bersama Mahfud menjadi pemenang di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Di bidang ekonomi dan kesejahteraan rakyat, Ganjar-Mahfud bertekad memajukan kemandirian dan pengentasan kemiskinan.

“Ini bukan tentang Ganjar dan Mahfud. Buka juga tentang kekuasaan, bukan sama sekali. Ini tentang seluruh rakyat Indonesia

“Kita pastikan Indonesia menjadi negara yang berdaulat bukan hanya berdaulat pada wilayah tapi juga berdaulat pada politik, pangan, ekonomi, sosial, dan banyak kedaulatan lain termasuk kedaulatan digital. Kita rombak kemiskinan yang masih ada di rakyat, sekali lagi setara bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali,” tegas Ganjar.

Angka Kemiskinan

Angka kemiskinan di Indonesia secara umum mengalami penurunan. Per Maret, jumlah penduduk miskin adalah 25,9 juta jiwa atau 9,36%. Lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang 26,26 juta jiwa (9,54%).