Logo Bloomberg Technoz

Update Perang Israel Vs Hamas: Bantuan Mulai Disalurkan ke Gaza

News
21 October 2023 17:30

Demo di Sydney, Australia, menyuarakan dukungan pada warga Palestina di tengah konflik Hamas vs Israel yang memanas (Bloomberg)
Demo di Sydney, Australia, menyuarakan dukungan pada warga Palestina di tengah konflik Hamas vs Israel yang memanas (Bloomberg)

Bloomberg News,

Pasokan makanan dan obat-obatan mulai disalurkan ke Gaza dari Mesir untuk pertama kalinya sejak perang Israel-Hamas meletus dua pekan lalu.

Sekitar 20 truk yang membawa bantuan ke Gaza mulai melintasi titik perbatasan Rafah, satu-satunya penyeberangan perbatasan non-Israel yang dimiliki Gaza, saluran TV Mesir Extra News melaporkan pada hari Sabtu.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia PBB mengatakan pasokan tersebut akan mencakup “obat-obatan traumatik dan penyakit kronis, serta obat-obatan esensial.” Program Pangan Dunia PBB mengatakan konvoi tersebut juga mencakup 60 ton pasokan makanan darurat, termasuk tuna kaleng, tepung terigu, pasta, kacang kalengan, dan pasta tomat kalengan.

Bantuan dikirimkan memenuhi permintaan utama para pemimpin AS, Eropa dan Arab ketika situasi kemanusiaan di wilayah yang terkepung semakin memburuk. Pembukaan perbatasan memungkinkan orang asing meninggalkan daerah kantong tersebut, meskipun kedutaan besar AS sebelumnya memperingatkan bahwa kondisinya akan “kacau”.