Logo Bloomberg Technoz

Vice President Corporate Communications Freeport Indonesia Katri Krisnati beralasan pabrik pengolahan (smelter) katoda tembaga PTFI di Manyar, Gresik, Jawa Timur baru akan sanggup mencapai produksi maksimal pada akhir tahun depan.

Dengan demikian, Freeport mengeklaim masih memerlukan waktu sebelum bisa benar-benar menyetop ekspor konsentrat tembaga, hingga smelter Manyar dapat memproduksi katoda dengan kapasitas penuh.

Smelter PTFI masih dalam proses ramp up produksi hingga Desember 2024 untuk mencapai kapasitas produksi maksimal, sehingga masih diperlukan izin ekspor konsentrat tembaga setelah Mei 2024,” ujarnya saat dimintai konfirmasi, Jumat (13/10/2023).

Pemerintah sebelumnya sudah melunak dalam menerapkan tenggat larangan ekspor konsentrat tembaga yang sedianya diberlakukan per 11 Juni 2023. Kala itu Freeport beralasan smelter Manyar belum bisa dituntaskan tahun ini karena konstruksinya terhambat oleh keadaan kahar selama pandemi Covid-19.

Presiden Joko Widodo akhirnya membolehkan PTFI dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara untuk tetap mengekspor konsentrat tembaga hingga pertengahan 2024, lantaran kedua perusahaan itu telah berkomitmen untuk membangun smelter, dan telah mencapai progres yang signifikan sampai dengan saat ini.

(ibn/wdh)

No more pages