Logo Bloomberg Technoz

PDIP Sebut Mahfud MD dan Khofifah Bakal Cawapres yang Layak

Sultan Ibnu Affan
04 October 2023 17:25

Ketua DPP Bidang Perekonomian PDP Said Abdullah di gedung DPR (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)
Ketua DPP Bidang Perekonomian PDP Said Abdullah di gedung DPR (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua DPP bidang Ekonomi PDI Perjuangan Said Abdullah menyebut nama tokoh yang berasal dari kalangan Nadhlatul Ulama (NU) yakni Khofifah Indarparawansa dan Mahfud MD adalah figur yang layak dijadikan sebagai calon pendamping bakal capres Ganjar Pranowo di Pemilu 2024. Tak hanya punya penglaman politik di eksekutif dan legislatif, keduanya menurut Said juga memiliki elektabilitas yang cukup bersaing bila merujuk pada data sejumlah hasil survei.

"Beliau berdua memiliki pengalaman yang panjang di legislatif dan eksekutif. Bahkan Pak Mahfud juga sampai ke yudikatif. Rekam jejak inilah yang menjadi keunggulan beliau berdua," kata Said Abdullah dalam keterangannya pada Rabu (4/10/2023).

Namun kata dia, sebagai mandataris Kongres PDIP, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang paling berwenang menentukan capres-cawapres yang diusung PDIP. Mega kata dia sedang melakukan semacam talent scouting. Meskipun figur-figur cawapres yang ada dalam daftar pada umumnya kompeten tetapi kata Said belum mengerucut.

"Jadi sejauh ini belum ada istilah mengerucut. Oleh sebab itu pak Mahfud, ibu Khofifah, pak Sandiaga Uno masih punya kesempatan yang sama untuk dipilih oleh ibu Mega sebagai cawapres," tambahnya.

Anggota Komisi XI DPR itu juga membenarkan bahwa Megawati sudah pernah bertemu dengan para figur bakal cawapres termasuk dengan Mahfud MD dan Khofifah.