Logo Bloomberg Technoz

Ini Harga Pertamax di Pertashop, Lebih Murah dari SPBU Pertamina

Sultan Ibnu Affan
04 October 2023 11:15

Ilustrasi pengendara mengisi BBM di SPBU Pertamina. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi pengendara mengisi BBM di SPBU Pertamina. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Meski sama-sama mengalami kenaikan sejak 1 Oktober 2023, harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi jenis Pertamax di Pertashop tercatat lebih murah dibandingkan dengan di SPBU Pertamia.

Selisih harga Pertamax di SPBU Pertamina dan Pertashop atau Pertamina Shop rata-rata sekitar Rp150/liter. Pertashop sendiri merupakan distributor resmi BBM dan produk ritel nonsubsidi dari Pertamina Group. 

Adapun, dasar legalitas badan usaha Pertashop a.l. nota kesepahaman antara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan Pertamina dengan nomor 193/1536A/SJ tertanggal 20 Februari 2020 tentang Dukungan Pemerintah dan Masyarakat Desa dalam Peningkatan dan Pengembangan Pertashop di Desa.

Lalu, Surat Mendagri No. 117.3015 tertanggal 28 April 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Program Pertashop di Desa, serta Surat Mendagri No. 117.4102 tertanggal 16 Juli 2020 tentang Tindak Lanjut Pelaksanaan Program Pertashop.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati sebelumnya memberi sinyal bakal mengizinkan Pertashop untuk menjual BBM bersubsidi jenis Pertalite, menyusul keluhan dari pengusaha/mitra Pertashop atas peredaran bensin bersubsidi di Pertamini yang dinilai melanggar aturan dan berimbas pada penurunan omzet Pertashop.